Bukit Mongkrang Tawangmangu, Wisata Pendakian Gunung Karanganyar


Bukit Mongkrang Tawangmangu, tempat ini memang sedang hits dan banyak didatangi banyak orang baik mereka yang memang pendaki gunung atau sekadar pehobi jalan-jalan. Awalnya saya enggak begitu menyimak ketika nama bukit ini mulai dibicarakan, tetapi pada akhirnya saya juga tertarik juga kepo untuk tahu lebih lanjut tentang bukit yang satu ini. Akhirnya, penasaran saya terjawab, memang menarik, pantes orang pada rame datang ke sini.

Kalau membahas tentang Tawangmangu, kawasan ini enggak ada matinya urusan keindahan alam. Pilihannya ada segudang tempat wisata dan pemandangan alam yang tinggal kalian pilih. Di satu kawasan Gunung Lawu ini sebut saja ada Grojogan Sewu, Bumi Perkemahan Sekipan, Rumah Atsiri, Pendakian Cemoro Sewu, Pendakian Cemoro Kandang, The Lawu Park, dan sederetan tempat wisata baru yang terus saja bermunculan.

Balik lagi ke Bukit Mongkrang, banyak orang yang bilang bahwa bukit ini cocok sekali untuk pemanasan naik gunung yang lebih tinggi. Bukit ini juga bisa dijadikan tempat pendakian perdana bagi mereka yang belum pernah naik gunung sama sekali. Apakah betul demikian? Simak tulisan ini sampai selesai. Akan saya tuliskan per bagian agar mudah disimak.


Cocok untuk Pemula

Saya mencoba treking santai hanya butuh waktu 50 menit, sejam kurang dikit. Jadi memang pas untuk pendaki pemula. Bahkan di puncak Mongkrang akan sering kita temui anak kecil yang sampai sini, kadang hanya memakai sendal jepit. Harusnya sih, orang tua si bocah yang mengajarkan untuk naik gunung dengan lebih safety.

View Bagus

Jaminan bagus, saat cuaca sedang bersahabat. Namun, jika mendung tentu viewnya akan biasa saja. Rata-rata cuaca di gunung memang seperti itu. Jika ingin mendapatkan view bagus, lebih baik datang sore hari lalu camping semalam, esok pagi waktu sunrise dan setelahnya cuaca biasanya bagus.



Seru untuk Camping

Akses mendaki yang mudah, halaman parkir luas, warung makan banyak tersedia, sepertinya Mongkrang ini tidak terlalu berat jika jadi salah satu destinasi untuk camping seru-seruan. Jadi, jika mau sekadar ngecamp bareng dan pengin cari sensasi hawa gunung yang seger, silakan merapat ke Mongkrang.

Perlu Bawa Apa

Naik gunung memang tidak boleh meremehkan alam, walaupun sepertinya mudah dan enteng. Perkap safety sebaiknya dibawa. Pastikan bawa tenda, jas hujan, P3K, makanan dan minuman yang cukup, pisau, korek api, senter, dsb. Jangan lupa bawa masker, buff, dan sejenisnya, karena di Mongkrang ini tracknya sangat berdebu.

Jika sudah prepare optimal, yuk cuss berangkat.[]




Comments