Bisnis Digital Meningkat, Sewa Kantor Turut Melesat



Perkembangan bisnis digital saat ini meningkat pesat. Unit bisnisnya pun tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Startup bermunculan dengan berbagai macam bisnis yang digarap menjadikan karyawan yang terlibat juga dituntut punya kemampuan adaptasi kerja dan mobilitas yang tinggi. 
Kondisi seperti ini mengubah kebiasaan dalam bekerja dan penggunaan kantor sebagai lokasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Pola kerja sekarang mulai bergeser dari yang mengharuskan meeting di kantor sendiri, kantor rekanan, menjadi biasa meeting di mana saja. 
Mobilitas kerja yang padat ditambah cakupan bisnis yang luas menjadikan pola meeting lama menjadi kurang produktif lagi. 
Saat ini meeting di coffe shop atau restoran sudah jadi hal yang lazim dilakukan oleh para pebisnis. Suasana yang santai dan tidak terlalu formal menjadikan meeting di lokasi semacam itu jadi pilihan yang menarik. 
Coffe shop dan restoran dianggap memberikan ide lebih segar dan suasana nyaman sehingga outputnya deal bisnis menjadi lebih menguntungkan. 
Ngantor atau coworking space
Coworking space pun semakin banyak bermunculan mengakomodir kebutuhan para pelaku bisnis yang tumbuh pesat. Mereka butuh tempat yang nyaman untuk bekerja, suasana santai, tetapi fasilitas dan kenyamanan memadai. Coworking space hadir dengan fasilitas meja dan kursi yang nyaman, internet yang cepat dan stabil, ambience yang nyaman dan tentunya aneka kopi dan light snack yang bisa dinikmati kapan saja. 
Tren coworking space sudah merambah ke berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya di kota besar atau ibu kota provinsi. Kota-kota lain yang lebih kecil pun juga ikut meramaikan coworking space guna mengakomodir keinginan para pebisnis digital di mana-mana. Namun kondisi di lapangan, tidak semua orang bisa bekerja di coworking space
Bagi penulis, programmer, desainer grafis, atau content creator, fasilitas yang diberikan coworking space sudah sangat mensupport kerja mereka. Namun bagi perusahaan yang membutuhkan privasi lebih untuk membicarakan strategi bisnis bersama tim yang besar, meeting room yang tertutup lebih mereka butuhkan. Meeting room yang nyaman, fasilitas internet yang cepat dan stabil, projector, TV LED layar lebar menjadi sebuah kebutuhan vital di daerah perkantoran. 
Sewa kantor adalah solusi pekerja dengan mobilitas tinggi. 
Bagi pekerja dengan mobilitas tinggi, menyewa kantor secara tahunan tentu bukan hal yang menguntungkan. Kesibukan mereka menuntut sekian waktu harus berpindah kota atau wilayah. Bekerja di coworking space sebenarnya belum tentu nyaman jika harus meeting dengan tim yang agak besar dan membahas hal yang bersifat rahasia. Solusi bagi mereka seperti ini adalah dengan sewa kantor siap pakai
Sewa kantor dengan periode tertentu akan membantu perusahaan efisiensi anggaran. Perusahaan tidak terlalu banyak mengeluarkan anggaran untuk sewa kantor hingga tahunan, cukup menyewa sesuai kebutuhan saja. Bisa juga menyewa kantor hanya meeting room saja, di luar itu pekerja bisa bekerja dari tempat lain yang nyaman, atau di coworking space yang ada.
Opsi sewa kantor semakin menarik karena saat ini banyak provider sewa kantor di tempat-tempat strategis sesuai dengan kebutuhan tiap pekerja. Perusahaan tinggal pilih mengambil sewa di lokasi mana yang terdekat dengan lokasi bisnis, memilih mana yang paling worthed dari sisi harga maupun fasilitas, lalu bekerja lah dengan lebih efektif dan efisien. 
Jakarta serta kota-kota besar lain saat ini memiliki tempat usaha disewakan dalam bentuk kantor, meeting room, dalam jumlah yang cukup banyak. Pelaku bisnis tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaannya. FYI, saat ini penyedia persewaan kantor semakin berlomba satu dengan yang lainnya. Mereka bahkan menawarkan free flow minuman tiap hari dan layanan fotocopy serta print gratis di kantor, menarik bukan?[]

Comments