Setting Kamera untuk Wedding


Berapa ISO yang dibutuhkan, berapa diafragma yang pas, menggunakan mode apa, setting kamera untuk wedding yang bagus bagaimana, dan sederet pertanyaan lainnya sering ditanyakan oleh fotografer pemula yang hendak mengerjakan job wedding atau foto pernikahan.

Pengalaman saya pribadi, tidak ada setting kamera untuk wedding yang paten harus seperti ini. Namun, lebih ke bagaimana kita mengenali peralatan yang kita gunakan. Kali ini saya akan share pengalaman saya sebagai fotografer yang peralatan utama saya adalah kamera DSLR Canon dengan lensa-lensa pendukungnya.

Mode
Mode apa yang digunakan? Rata-rata saya menggunakan mode M untuk mengatur setting kamera untuk wedding di panggung. Kenapa harus M? Karena biasanya kita akan banyak memotret di panggng terutama untuk foto bersama. Jadi, mode M saya setting terlebih dahulu agar sesuai dengan yang saya harapkan. Dan settingan ini tidak saya ganti-ganti selama acara berlangsung, kecuali untuk hal yang mendesak. Pokoknya mode M dengan segala settingnya untuk panggung. Untuk liputan mengejar momen dsb, saya lebih senang menggunakan mode TV, AV, atau yang lain sesuai kebutuhan.

ISO
Berapa ISO yang dibutuhkan? Menyesuaikan tempat dan pengaturan lainnya, biasanya saya menggunakan ISO di bawah 1000 atau maksimal 1000. Jika kurang terang, saya ubah di kekuatan lampu atau flash yang saya gunakan.

Diafragma
Pakai bukaan berapa? Sesuai kebutuhan. Kalau untuk foto bersama saya biasanya menggunakan bukaan yang cukup kecil antara f6.3 atau f7.1 agar lebih bisa menangkap detail semua orang yang ada di atas panggung. Kalau untuk direct foto pose, menyesaikan apakah kita ingin mendapatkan ketajaman yang menyeluruh atau ingin bermain bokeh.

Shutter Speed
Seberapa cepat shutter speed yang digunakan? Untuk foto panggung saya menggunakan SS 1/100 atau 1/125 karena semakin lambat khawatir tangan agak shake dan hasil foto tidak tajam.

Ngomong-ngomong tentang setting kamera untuk wedding ini itu, sebenarnya saya menggunakan kamera apa? Gonta-ganti. Rata-rata saya menggunakan 2 kamera, Canon 50D dan 1300D atau 60D dan 1100D. Untuk lensa menyesuaikan, tetapi bagi saya lensa wajib adalah lensa kit dan fix 50 mm.

Kalau kamu?

Comments