Wednesday, July 11, 2018

Cara Rekam dari Mixer ke Android (Plug n Play)

Siang itu, seusai menjadi operator di acara Halal bi Halal Solopeduli saya menyempatkan otak-atik mixer audio sebentar. Saya penasaran gimana caranya bisa mendapatkan recording suara dari mixer audio dengan menggunakan smartphone android. Dalam beberapa tutorial di youtube ada yang mengulas cara dengan menggunakan aplikasi tertentu dan memodifikasi kabel dari microphone. Saya tak punya microphone besar yang akan saya kuliti kabelnya untuk dimodifikasi.
Ternyata barang yang saya butuhkan sudah ada di meja operator dan tas ransel Nama saya. Penasaran apa saja yang dibutuhkan? Berikut reviewnya.

Perlatan yang kita butuhkan hanya empat saja; kabel rca-jack 3.5mm, splitter (pemisah antara fungsi mic dan earphone pada jack 3.5mm smartphone), smartphone android, dan terakhir aplikasi recording. Hanya itu.

Cara merangkainya, pertama kali kabel rca (rca ke jack 3.5mm). Pada bagian line out mixer, tancapkan kabel rca sesuai warnanya. Selanjutnya dari kabel rca tersebut jack 3.5mm nya kita masukkan ke dalam splitter. Kita pilih port untuk mic, karena memang fungsinya kita mau record suara yang bersumber dari kabel tersebut. Dari splitter baru kita tancapkan di port yang biasa kita pasangi earphone pada smartphone. Selanjutnya tinggal lakukan perekaman menggunakan aplikasi recording.

Pengalaman saya kemarin uji coba menggunakan smartphone Samsung Galaxy J1 Mini dengan aplikasi recording Hi-Q MP3 Recorder (diset ke bitrate tertinggi, 320 KBPS.

Pastikan saat recording, smartphone berada dalam flight mode, agar meminimalkan adanya gangguan saat proses recording berlangsung. Hasilnya? Jernih banget. Jika saat itu ada perform dari band atau penyanyi yang ingin kita rekam, bisa kita gunakan alat ini. Sangat simpel dan sudah pasti bersih dari audio lain yang enggak penting. Selamat mencoba. []

No comments: