Sunday, May 13, 2018

Keyboard Mini Paling Murah



Pagi ini, setelah sarapan pagi dan memandikan anak, saya mengambil smartphone dan keyboard mini lalu keluar ke teras rumah. Sambil menikmati suara burung yang berkicau saya mengecek email yang masuk lalu dilanjutkan merekap hasil wawancara lalu membuat naskah untuk bahasan utama. Pagi itu saya harus mengirimkan 4 naskah sebelum dhuhur. Keseharian saya melakukan pekerjaan yang fleksibel, bisa dilakukan dari mana saja, termasuk di teras rumah. Bahkan sesekali saya menuliskan liputan langsung dari lokasi wisata yang saya kunjungi dan saya tuliskan reviewnya di lokasi. Alhamdulillah, tidak perlu kebut-kebutan di jalan mengejar jam absen karena saya bekerja secara remote.

Paragraf di atas adalah sebuah kisah, 'Jika aku menjadi pekerja remote'. Tetapi kejadian di atas, saat ini baru sebuah kisah. Ah, kecuali untuk satu hal, mini keyboard memang sudah saya gunakan saat ini. Termasuk untuk mengetik artikel kali ini.


Kisah di atas akan kita lanjutkan di lain kesempatan. Kali ini kita akan mengupas sebuah keyobard mini yang menurut saya sangat oke.

Ada yang pernah mendengar nama keyboard 'SANURPRO'? Jika belum pernah, sama. Saya juga baru pertama kali mendengar nama itu ketika saya membelinya. Kenapa saya suka keyboard ini?
 

Pertama, kecil. Sesuai namanya, keyobard mini. Keyboard ini di bagian kardusnya hanya bertuliskan Mini Keyboard K-1000. Sedangkan tulisan SANURPRO berada di atas tombol spasi di bagian keyboard. Sepintas memang tak ada yang istimewa dari keyoard ini selain ukurannya yang mini. Karena build quality terkesan biasa saja, dan masih menggunakan sistem kabel di mana keyboard mini saat ini rata-rata menggunakan koneksi bluetooth. Untuk menghubungkan dengan smartphone tentu saja kita membutuhkan OTG. Selanjutnya, untuk aplikasi office yang digunakan terserah, kalau saya pribadi paling suka menggunakan WPS Office.

Kedua, murah. Tentu saja murah, karena untuk sebuah keyboard yang modelnya cukup keren harganya tidak sampai 100 ribu rupiah di online shop. Kalau yang saya gunakan ini saya dapatkan dengan membeli seken tetapi masih mulus, hanya 35 ribu.

Kecil murah, apakah kemudian kualitasnya juga bagus? Relatif kalau menurut saya. Dengan harga yang segitu tentu sangat tidak adil jika membandingkannya dengan merk kenamaan seperti log**ech, atau justru membandingkannya dengan mechanical keyboard yang harganya sangat wow. Menurut saya, keyboard ini masih cukup nyaman digunakan mengetik walaupun memang tidak bisa disejajarkan dengan keyboard yang lebih mahal.

Secara ketukan memang agak keras, tetapi masih dapat ditoleransi kok. Intinya ketika kita menekan tuts keyboard dengan posisi tekanan yang tegak lurus, keyboard ini masih sanggup untuk diajak kerja cepat. Tentu saja, ini sudah lebih dari cukup untuk sesuatu yang saya cari.

Dengan ukuran yang hanya 28x12 cm saja, sangat mudah untuk masuk ke dalam tas. Jadi ketika saya sedang tidak membawa laptop atau tidak ada PC, saya masih bisa mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan tulis menulis dengan lebih leluasa. Hanya bermodalkan smartphone dan keyboard mini ini saya bisa mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan naskah tulisan, kapan saja dan di mana saja.

Jadi apakah kamu sependapat? atau ada usulan keyboard mini merek yang lain yang lebih oke dan tetap ramah di kantong? Silakan isikan di kolom komentar.
Untuk review versi video, kita tunggu sesaat lagi. []


No comments: