Thursday, March 15, 2018

Kamera Traveling Paling Murah


Sebelum memulai nge-bahas kamera traveling paling murah apa saja yang akan diperbandingkan, mari kita samakan persepsi dulu. Kali ini saya akan membahas dengan dua clue; kamera dan paling murah. Tentu saja, batasannya adalah kamera untuk kepentingan traveling. Jadi nanti yang akan dibahas tak lepas dari dua hal itu, yang bisa untuk motret, menemani jalan-jalan, dan tentu saja, semurah mungkin. 

Diakui atau tidak, kampanye untuk traveling semakin meningkat beberapa tahun terakhir. Ini bukan lagi tentang filosofi dan semacamnya, tetapi ada banyak hal yang menarik dari dunia jalan-jalan ini. Mulai dari tren untuk hobi sampai dikemas menjadi pundi-pundi rezeki yang menggoda siapa saja. 

Mari kita ingat kembali sekian tahun yang lalu, ketika tidak semua handphone dilengkapi dengan kamera. Ini menandakan bahwa kamera bukanlah komponen primer yang harus ada dalam sebuah handphone, tetapi sekarang? Itu komponen wajib yang harus ada dalam sebuah handphone. Bahkan, saking pentingnya urusan kamera ini, banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk sebuah handphone yang kameranya bagus. Kenapa? Karena tentu saja simpel dan harus ada untuk merekam kenangan jalan-jalan atau nongkrong bareng komunitasnya.


Lalu, kamera traveling apa yang paling murah dan paling layak?
Tiga poin yang harus kamu jawab terlebih dahulu. 

Berapa budgetnya?
Kalau kamu tak terkendala dengan anggaran, maka lewati saja poin ini. Langsung bahas di poin selanjutnya. Kalau kamu termasuk yang masih mempertimbangkan berapa rupiah yang kamu alokasikan untuk ini.

Seberapa serius foto yang kamu inginkan?
Jika kamu ingin memotret seorang ustadz yang kemudian fotonya ingin dipasang di baliho besar untuk keperluan tabligh akbar, maka memotret dengan kamera handphone 5 mp tentu tidak pas. Begitu juga sebaliknya, kamu hanya jalan-jalan santai dan ingin selfie bareng teman-teman, ribet banget jika harus membawa kamera DSLR full frame dengan lensa tele ditambah BG di bodi. Jadi kembali kepada untuk keperluan apa kamu memotret. Jika hanya untuk dishare di blog atau instagram, smartphone saat ini sudah banyak yang menawarkan pilihan kamera yang menawan, dan itu sangat cukup.

Adakah kamera pembandingnya?
Kembali ke poin sebelumnya, seberapa serius foto yang akan kamu ambil dan ingin hasil yang seperti apa? Kamera mirrorless bisa menghasilkan kamera yang bagus untuk postingan blog, DSLR juga, kamera poket juga, handphone juga bisa. Nah, kali ini kita tinggal berhitung, mana yang paling murah. Beberapa smartphone memang punya harga yang lebih mahal dari DSLR, tetapi secara umum, kamera DSLR atau mirrorless lebih mahal dari sekadar smartphone. 

Okey, tentukan pilihanmu, kawan. Kamera traveling paling murah itu yang seperti apa yang paling recommended menurut kalian?
Berikut beberapa postingan saya yang menggunakan kamera smartphone:

No comments: