Wednesday, November 23, 2016

Masjid Joglo, Karanganom Klaten


Sore itu hujan deras merata di Solo dan sekitarnya. Aku berkendara dengan motor perlahan sambil menikmati hujan di jalur Penggung - Jatinom, Klaten. Ada hal yang menarik jika kita perhatikan di sekitar sini. Dari arah Penggung menuju Jatinom sekitar km 3, ada sebuah bangunan Joglo unik yang cukup terawat. Pada genting atap bangunan tersebut tertulis dengan jelas "MASJID".

Beberapa kali lewat daerah ini aku sempat tertarik dengan bangunan masjid yang lain dari yang lain. Bentuknya joglo lebih mirip ke rumah adat jawa daripada tempat ibadah. Namun inilah keunikannya. Masjid ini memang berbentuk Joglo. Sore itu sepulang dari tugas liputan di daerah Klaten saya sempatkan mampir, kebetulan sudah masuk waktu ashar.


Kesan pertama yang saya tangkap dari tempat ini adalah bersih. Lapang, bersih dan jika siang hari kondisi panas pasti tempat ini pasti sejuk karena bentuk joglo yang tinggi, dan di tengah sawah. Parkir yang cukup luas bisa menampung banyak mobil jika ingin mampir ke sini. Indikator bersih lainnya juga ketika ke kamar mandi dan tempat wudhu, bersih dan terawat. 
bagian tengah ruangan

Sore itu sebenarnya aku masih ingin berlama-lama di masjid ini untuk memotret beberapa sisi yang unik dan berbincang dengan pengurus masjid. Namun karena waktu sudah sore dan pakaian yang basah karena mantol yang saya kenakan sobek memaksa saya segera melanjutkan perjalanan pulang. Lain kali ingin mampir ke sini lagi lebih lama.

Merapat ke masjid terdekat sudah menjadi kewajiban jika waktu sholat telah tiba. Lebih dari itu, merapat ke masjid ketika dalam perjalanan menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Jadi menemukan suasana yang baru, lebih khusyuk karena sedang dalam perjalanan dan ada rasa yang sulit untuk dijelaskan. Bahkan sejak kuliah dulu tiap pergi ke suatu kota ketika Mbolang semacam wajib berkunjung ke Alun-Alun dan sholat di masjid agung tiap daerah.[]
langsung menghadap sawah di belakang

dari sudut depan


1 comment:

Jual minyak bulus said...

Saya juga beberapa kali mampir sholat di joglo itu, unik dan sangat nyaman. Meskipun udara panas tp ketika masuk masjid langsung terasa semilir, mak nyess..hehehe. Iseng2 browsing eh malah nemu pemborong yg mbangun masjid itu mantab dah pokoknya. Ini linknya http://www.limasanjati.com/2016/01/proyek-pembangunan-masjid-joglo-di.html bagi yg masih penasaran silahkan klik saja tautan ini.