Thursday, July 7, 2016

Air Terjun Kedung Grujug


Sebelum saya menuliskan seperti apa kondisi Kedung Grujug, ada baiknya saya sampaikan dulu bahwa tempat ini biasa saja, jangan berekspektasi terlalu tinggi, takutnya dikira PHP. Hehe

Mungkin banyak orang yang menyampaikan bahwa Kedung Grujug adalah miniatur niagara, wisata baru di Sragen, dsb. Jangan berharap banyak dulu akan menemukan pemandangan yang memukau. Air terjun ini memang kecil dan bersumber dari aliran air sungai yang bisa dikatakan biasa saja. Tapi apakah tempat ini tidak recomended untuk dikunjungi? Nanti dulu.

Kedung Grujug ada di daerah Miri, Sragen. Akses menuju lokasi cukup mudah, bisa dengan motor atau mobil pribadi. Saya beberapa waktu yang lalu menuju ke lokasi dengan mobil dan diparkirkan di halaman penduduk dekat lokasi. Akses lokasi? Oke. 

Lalu, kita bisa ngapain di sini? Nonton air. Serius. Menuju lokasi kita harus jalan kaki sebentar, tidak sampai 5 menit sudah sampai di air terjun. Tak perlu khawatir capek, ini jauh lebih ringan dibanding menapaki tangga di air terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu. Selanjutnya siapkan kameramu untuk berfoto sepuasnya, kecuali kamu bersedia untuk mandi dengan air sungai yang berwarna coklat. Tapi tenang, view air terjunnya lumayan oke, di sekitar lokasi juga banyak pohon besar yang rindang untuk berteduh. Mau pasang hammock dan bersantai di sini? Oke juga. Banyak pohon untuk bisa dipasangi hammock. Mau pasang tenda dan ngecamp di sini? boleh juga, tapi mungkin akan dilihat aneh oleh penduduk desa sekitar. Hehe.

Ingin mendapatkan view foto terbaik? Datanglah ke lokasi saat Golden Hour, pagi sekalian atau sore sekalian. Landscape selalu bagus saat difoto saat setelah matahari terbit dan menjelang matahari terbenam. Kalau kita datang tepat siang hari ya panas. Waktu itu kami datang bertiga dan siang hari yang panas. Kebetulan waktu itu sekalian jalan ada tugas pemotretan di sekitar sana. Hasil fotonya ya biasa saja. Cobalah datang di pagi atau sore, lalu nikmati pemandangan Kedung Grujug dengan view yang lebih baik lagi. Instagramable? Tentu saja. Recomended untuk dikunjungi? Tentu saja. Saat ini masih ada pembenahan di berbagai titik untuk menjadikan lokasi ini menjadi lokasi wisata yang lebih baik lagi. Dengan pengelolaan wisata yang baik akan menjadikan ekonomi masyarakat sekitar jadi lebih baik, akan menjadikan wisatawan menjadi punya pilihan wisata yang lebih banyak dan variatif. Selamat piknik.[]


No comments: