Edit Foto Bolehkah?


Pertanyaan ini kadang muncul di benak banyak orang. Apakah perlu di edit? karena jika di edit berarti sudah tidak asli lagi. Banyak yang beranggapan bahwa suatu foto jika sudah di edit adalah "penipuan" dengan mengatakan "ah, ini editan..aslinya gak kayak gini"

Semua tidak bisa dihakimi dengan mengatakan bahwa editan adalah tindak kejahatan penipuan. Semua kembali kepada tujuan memotret itu sendiri, apakah itu untuk dokumentasi berita yang harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, ataukah kepada seni yang orang tentu ingin mendapatkan "cita rasa" baik keindahan, kengerian, ataupun perasaan lain yang tidak biasa. 

Faktor kamera juga ikut berpengaruh, karena tidak semua kamera akan berkata jujur dengan menampilkan foto sesuai yang kita lihat. Kamera yang sangat bagus bisa menampilkan detil warna maupun ketajaman yang melebihi apa yang kita tangkap dengan mata kita, ada juga kamera sederhana bawaan ponsel yang hanya menangkap garis besar objek dengan detil yang sangat rendah. Kita tidak akan menuduh semuanya melakukan penipuan kan, masing-masing kamera punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Bagi saya pribadi terserah saja, toh membuat foto HDR juga melalui editing baik di kamera maupun perangkat lain, dan foto HDR itu bukanlah seperti apa yang kita lihat dengan mata kita. Orang memotret sunset dengan warna memukau dan ombak di lautan yang selembut rambut karena pengaruh filter juga tidak seperti apa yang kita lihat dengan mata langsung.

Foto diatas saya ambil dengan menggunakan kamera ponsel Sony Ericsson S302 (2MP, tidak ada autofokus dll) hasil aslinya over, terlalu silau dan memang tidak seperti keadaan yang saya lihat. Sedangkan sebelahnya saya edit dengan menggunakan PhotoScape, memang aslinya yang saya lihat tidak segelap itu namun akan lebih bercerita foto yang sudah di edit dibandingkan dengan foto asli dari kamera (yang sebenarnya tidak menampilkan kondisi asli seperti yang dilihat mata langsung)

Jadi, bagaimana hukumnya mengedit foto?

Comments

Popular Posts