Thursday, January 16, 2014

Hunting foto Kemuning Karanganyar


Suatu malam iseng-iseng saya mampir ke web Landscape Indonesia, yang memang meracuni dengan hasil jepretan foto-foto yang luar biasa cantik dengan tema landscape. 

Ternyata jargon "meracuni" itu memang benar, saya teracuni. Malam itu juga saya langsung menyiapkan kamera, tas dan tripod dalam kondisi ready dan mudah dijangkau. Menyiapkan jaket, dompet, uang, ponsel, kontak sepeda motor. Besok pagi meluncur ke arah Kemuning. 

Pagi hari ketika Masjid di sekitar saya mulai ada yang adzan saya bergegas mengenakan perkap membawa peralatan dan berangkat. Sholat subuh di SPBU daerah Karanganyar. Selepas sholat cek bensin masih cukup, langsung meluncur ke arah Ngargoyoso. Ah, ternyata aku masih sama dengan style ku beberapa waktu dulu ketika sedang skripsian. Mbolang seru itu sendirian, kalo barengan banyakan ribetnya. Jadilah pagi ini saya juga meluncur sendirian. 


salah satu sudut faforit
Tiba di area kebun teh masih dalam zona peralihan antara gelap ke terang. Berusaha mengejar ke ketinggian agar bisa mendapatkan view lampu kelap-kelip di kota gagal. 

Ternyata sampai diatas sudah terang. Ya sudah tak apa.. Lanjut berkeliling mencari tempat yang bagus untuk spot foto. Berusaha eksplorasi beberapa jepretan namun belum menemukan settingan yang pas untuk kameraku. 


Aku ingin mendapatkan file RAW namun dengan hasil mentahnya mendekati JPG Landacape mode sehingga nanti ketika diolah agar mendekati nyata tidak terlalu sulit. Belun juga menarik. Kasat mata saya bisa merasakan birunya langit namun dalam foto hanya warna putih. Setelah beberapa saat otak-ik dan pindah tempat. 


pucuk pucuk teh

Akhirnya ketemu juga settingan yang pas. Tepat saat itu juga matahari mulai muncul menyinari hamparan perkebunan teh dengan cantiknya. Untuk beberapa saat saya takjub dan hanya bengong. 

Ternyata tempat ini sangat WOW ketika golden hour, ketika matahari mulai menyinari hamparan perkebunan teh ini. Jika belum terkena sinar matahari memang sudah cukup bagus, biru langit, hijau dedaunan teh, udara yang segar. Namun ketika matahari bersinar, waoww.. 


Apa yang dikatakan orang tentang golden hour dalam fotografi memang benar, inilah golden moment untuk foto lansekap alam. Langit bersih dan biru, matahari yang belum panas dan pebukitan berselimut pohon teh yang hijau segar.hmmm... 

Setelah mendapatkan beberapa foto menarik masih ada waktu sebentar sebelum hari makin siang dan panas serta harus pulang ke rumah untuk kerjaan yang lain tak ada salahnya "trabas sejenak" mengoptimalkan ban tahu yang masih bertaring. Arrrr...blusuk sana sini dengan mudahnya, mesin boleh kecil tapi nyali besar dan ban bergigi.

Selesai itu pulang, alhamdulillah untuk hari ini. Refresh yang sangat fresh mampu memberikan semangat selama beberapa hari ke depan. Mungkin 2 pekan lagi cari spot menarik lainnya..

4 comments:

Andy Laksmana said...

Ora betah ademe mas.. hehehe..

Taufik said...

Lahh...istrine orang sini mosok iseh ora betah adem mas?wkwkwkw

Anonymous said...

koordinat brp gan ? kl mau ksini?

Taufik said...

Sekitar sini gan
Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
-7.595283, 111.132985