Teknik Blur dengan Kamera Poket



Sebelumnya perkenankanlah saya yang masih newbie dalam bidang fotografi ini menulis tips tentang dunia yang masih baru bagi saya. Masih jauh dari profesional, namun sementara ini lebih tepat menyandang gelar sebagai orang yang "seneng" dengan fotografi, walaupun baru punya kamera hape sedangkan kamera saku saja masih pinjem.

Tapi terlepas dari semua latar belakang yang panjang lebar tadi, disini saya hanya ingin sedikit berbagi tentang pengalaman saya belajar membuat blur background dengan kamera saku. Yang harapannya ini bisa bermanfaat bagi orang yang super pemula, karena saya bisa menemukan settingan yang pas untuk mendapatkan efek ini dengan mengutak-atik kamera poket merek Olympus FE 310 8 MP (yang juga pinjaman) selama 2 hari.

Langsung saja, tujuan menggunakan efek blur adalah mendapatkan fokus dari sebuah objek dalam foto dengan menyamarkan background (bisa juga foreground) sehingga tampak lebih artistik, karena jika background "dibuang" atau mencari tembok polos dan sejenisnya untuk background maka foto akan kurang menarik.

Langkah-langkah:

Setting kamera dalam modus MANUAL 
Dengan demikian kita bisa mengatur ISO, tingkat kecerahan, dll. Berdasarkan uji coba yang saya lakukan saya menggunakan ISO 200 dengan tingkat kecerahan sesuai default. Foto diambil saat pagi hari yang cerah sekitar jam 9



Aktifkan modus MAKRO
Untuk objek yang tidak terlalu kecil cukup dengan makro, tidak perlu super makro karena saat menggunakan modus super makro dan kamera tanpa tripod akan susah untuk mendapatkan fokus sesuai yang diharapkan, seringnya yang saya alami malah blur semua.

Gunakan OPTICAL ZOOM
Untuk mendapatkan background blur yang sesuai keinginan saya maka perlu dilakukan zoom. Tujuannya adalah agar background lebih blur, karena pada saat tidak di zoom objek maupun background masih tertangkap gambar dengan detil sempurna sehingga gagal mendapatkan efek blur.

Tekan shutter setengah
Setelah membuat jarak yang cukup dan men-zoom objek yang mau kita foto tekan shutter setengah agar lensa mencari fokus objek utama dan menyamarkan backgroundnya. Setelah tepat sesuai dengan yang kita harapkan baru tekan penuh shutternya

Yappp...belum berhasil
Maaf, maksudnya BERHASIL. Jika sampai tahap ini belum bisa sesuai dengan keinginan maka yang harus dilakukan adalah mengeksplore lagi jarak, bukaan lensa, seberapa zoomnya, dll. Untuk kamera poket memang harus agak bersabar dan memahami lensa dengan dekat sehingga kita bisa menemukan settingan yang tepat untuk hasil sesuai yang kita harapkan.

Berikut dibawah ini adalah hasil uji coba saya dengan step by step sama dengan yang saya tulis diatas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba...


Comments

Anonymous said…
thx
Taufik said…
Sama sama :)

Popular Posts