Thursday, February 2, 2012

INTROSPEKSI DIRI

Ini bukanlah tausyah yang hendak saya sampaikan diatas mimbar atau menyampaikan kultum di Masjid, ini hanyalah sekelumit tulisan yang berada dalam benak pikiran saya setelah beberapa kejadian seolah menegur agar berhenti sejenak...dan merenung.

Hobi, obsesi, kesenangan menjelajah bukanlah segalanya dalam hidup. Saya mendapatkan kata-kata ini setelah membaca beberapa halaman dari buku "Meraba Indonesia" yang niat awalnya adalah menguatkan motivasi bahwa petualangan itu adalah sesuatu yang layak untuk diperjuangkan dengan 'segalanya'. Tapi ternyata justru membuka mata, bahwa ini hanyalah sebuah hobi, kesenangan dan selingan dalam hidup yang boleh saja diperjuangkan namun pada batas-batas tertentu. Karena membaca potongan kisah-kisah kehidupan dari berbagai macam manusia yang digambarkan dalam narasi tersebut memunculkan rasa yang berbeda, bahwa hidup ini ada yang lebih penting untuk diperjuangkan. Kehidupan yang layak, kepedulian terhadap sesama, memperjuangkan keadilan untuk orang yang berada di pinggiran, memikirkan kondisi negara ini yang ternyata masih jauh dari kata merdeka lebih layak untuk di prioritaskan walaupun dengan style adventurer boleh dan itu sangat mendukung kebutuhan mobilitas.


Tidak dipungkiri bahwa penyampaian yang menarik dari tulisan di buku tersebut sedikit banyak mempengaruhinya, namun dengan itu menjadikan saya bersyukur. Alhamdulillah...hidup ini ternyata sangat berwarna dari berbagai aspek kehidupan. Style tulisan seorang jurnalis juga nampak dalam tulisan itu dimana tiap sesuatu disampaikan dengan menarik serta aktual disertai pemahaman yang mendalam terhadap bidang kajiannya, budaya dan sejarah di tiap lokasi memotivasi untuk senantiasa menuliskan kejadian agar menjadi sebuah mozaik yang menarik dalam kehidupan.

Sebagai penutup dari tulisan singkat ini saya akan menyimpulkan inspirasi hari ini,

Hidup ini banyak yang harus diperjuangkan
Orang-orang yang masih berada dalam ketidak adilan harus ada yang memperjuangkan
Indonesia belum sepenuhnya merdeka
Mari berbagi agar kehidupan menjadi lebih baik lagi, sekalipun hanya dengan menulis dan fotografi maupun record video amatiran untuk mengangkat suara-suara yang tak punya daya dan upaya...

No comments: