Tuesday, November 1, 2011

Tips mengatasi jam Q&Q yang mati

Pada tulisan kali ini saya akan sedikit mereview tentang salah satu merek jam tangan yang murah meriah namun bisa dikatakan cukup berkualitas, sepadan dengan harganya. Serta penanganannya ketika mati dan diganti baterai tidak mau hidup lagi. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi serta hasil ngobrol-ngobrol dengan seorang teman yang profesinya sebagai tukang servise jam tangan, tidak main-main seluruh keluarga besarnya adalah tukang jam. Dan teman saya ini sudah buka kios servise sejak di bangku SMA, sekarang sudah berkeluarga dengan anak 2. Haduh...jadi ngelantur.

Kembali ke pokok masalah, disini saya bukan ingin ber-iklan tapi hanya sebatas sharing pengalaman tentang salah satu produk jam yang pernah saya pakai yakni Q&Q. Dan jam tangan inilah yang menjadi jam tangan paling lama berada ditangan saya. Oke, agar lebih fair maka langsung saja saya bahas kelebihan dan kekurangannya.

Kekurangan:
-Model tidak terlalu up to date, walaupun tidak jadul tapi model tidak se-ngetrend jam cina
-Varian tidak terlalu banyak, sehingga kadang orang enggan memilih karena model terbatas

Kelebihan:
-Untuk kisaran harga 80-150 ribu jam ini cukup berkualitas dan tahan lama
-Water resist terjamin, kalo dalam masa garansi mati kena air diganti langsung
Berdasarkan pengalaman saya jam ini memang tahan air, pernah suatu ketika saya out bond di daerah tawangmangu dan hujan sangat deras, tentu saja jam tangan saya basah kuyup tapi tetap masih hidup dan dalam kondisi yang sehat sampai saat ini padahal saat itu usia jam sudah saya pakai 6 tahun.

Nah, suatu ketika jam ini kehabisan bateray dan mati. Lalu saya bawa ketempat penjual jam dimana saya membelinya untuk menggantikan bateray, ternyata setelah dipasang jam tidak mau nyala dan dengan PD nya dia mengatakan kalau jam Q&Q saya sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi (karena digital), jika analog masih bisa katanya. Setelah kecewa dan membawa pulang jam mati ini saya berikan kepada teman saya untuk diperiksa sambil menceritakan kejadiannya tadi...

Eh, malah dia tertawa karena jadi tahu bahwa yang jual masih amatiran soal jam. Ternyata jam Q&Q saya itu untuk memasang bateray harus sambil dipencet tombol AC didalamnya. Katanya itu untuk memantik dan menyalakan jamnya, kalo tidak dipantik ya gak mau nyala...gitu katanya.

Semoga kisah ini berguna bagi pemakai jam Q&Q lainnya, jika dipasang bateray tidak mau nyala jangan buru-buru diklaim bahwa jam ini sudah mati. Saran saya coba diperiksakan ke tukang jam lainnya, belum tentu tukang jam yang buka toko jam itu lebih pandai daripada tukang jam pinggir jalan.

17 comments:

yosainto said...

mas, saya punya jam tangan Q & Q yang digital dan berencana ganti baterai.
kalau jam tangan saya ganti baterai, kemampuan water resistannya masih bekerja atau tidak.?apa ada sesuatu bagian lain juga yang hasur diganti agar water resistantnya tetap bekerja..?

terima kasih

Taufik said...

Wah, ternyata si mas udah koment disini ya...maap kemaren jarang ol lewat komputer jd agak lama gak nengok blog.

Pengalaman saya kemaren, ya cuma ganti baterai aja mas. Dan setelah itu tak pake ujan2an motoran luar kota juga masih hidup ampe sekarang. alhamdulillah...

Anonymous said...

horeeeee...berkat membaca postingan Anda jam tangan saya hidup lagi tanpa harus mengeluarkan dana reparasi..terimakasih terimakasih..

Taufik said...

Sama2 mas..hehe
Sampe sekarang saya masih setia dengan jam Q&Q walopun sekarang ganti yang kalep tetep pake Q&Q

Anonymous said...

sy br bli jam qq, sejam lalu, nasibnya sama, mati jg..tp jarak toko ma rumah 45mnt, gk mgkn balik lg kan..mo buka sendiri takut rusak, tapi saya yakin masalahnya sama..semoga....

Taufik said...

Anonim: Semoga masalahnya sederhana kayak gitu, n bisa terselesaikan dengan mudah..

Anonymous said...

mas, saya mau tanya. saya ada jam Q&Q yg model lama kreketan gitu jadi gak semua orang punya. nah pas abis mati diganti baterai bisa nyala tapi tombol untuk atur jam ga hisa. saya masukkan toko jam juga bilang ga bisa nyala. boleh tanya solusinya? dan boleh minta akun fb atau twitter teman mas yg tukang jam itu, terimakasih sebelumnya karena saya sudah terlanjur cinta mati sama jam saya itu.

Taufik said...

Mase di Solo juga bukan?
Kalo Solo langsung mampir saja ke kiosnya temen saya. Dia buka kios di Luwes Nusukan (deket palang joglo)
Di lantai 2 kalo gak salah, sampingnya cetak foto. Ntar cari aja Abidin Tukang Jam..

Anonymous said...

tombol AC jam tangan q dan q itu dimana yah?,lebih baik kalau ada fotox

Taufik said...

di dalam gan..saya juga gak paham pasnya posisi dimana, yang bongkar temen saya yang tukang servis jam soalnya..

Unknown said...

Hello mas taufik. Mas kira2 bisa memberi saran utk versi q&q solar smile? Saya suka sekali dgn jam saya itu. Tp setelah saya jemur dibawah matahari, tetap saja tdk mau menyala dgn baik (mati atau tertinggal jarum penunjuk jamnya)

Taufik said...

coba diserviskan saja mas..mungkin memang harus dibuka dulu agar tahu kondisi dalamnya seperti apa yang menyebabkan tidak mau hidup

Clara Pinta said...

Hello mas taufik. Mas kira2 bisa memberi saran utk versi q&q solar smile? Saya suka sekali dgn jam saya itu. Tp setelah saya jemur dibawah matahari, tetap saja tdk mau menyala dgn baik (mati atau tertinggal jarum penunjuk jamnya)

Clara Pinta said...

Sayangnya saya tidak di solo mas. Di jakarta :

Taufik said...

Coba diserviskan ke servis jam terdekat :)

Pradiptianti Lestari said...

Sama, saya juga punya q n q solar smile, masih garansi tapi jarum jam nya bermasalah gitu, detiknya jalan tidak per detik, trus cepet banget habisnya, padahal jam q n q yg lain (kebetulan punya 2) awet banget dijemur sekali tahan sampe lama. Sayang ga di solo dan karena beli online susah mengurus gara si nya, bahkan saya di block kontak sama yg menjual jam itu :(jadi curhat

MOHAMMAD IWAN PURWETA said...

Q&q Ku modar... Gara gara Tak rebos... Bukak en nek YouTube PURWETA