HALO MATAHARI

Matahari dilingkari cincin pelangi sering disebut sebagai Halo Matahari, yang mana fenomena seperti ini sering saya liat di berita televisi ataupun cuma dari orang-orang yang pernah menyaksikan secara langsung terjadinya fenomena alam tersebut.

Namun pada tanggal 4 Oktober 2011 akhirnya kesampaian juga untuk menyaksikan dengan mata kepala saya sendiri fenomena ini. Diatas langit kota Solo dan sekitarnya sekitar pukul 11 siang dan dalam kondisi matahari sedang panas-panasnya terjadilah matahari bercincin ini. Dimanapun bisa ditemui ketika orang pertama kali menyaksikan langsung berhenti sejenak, mengambil gambar lalu beberapa kali menyaksikan lagi keatas. Termasuk saya yang juga pertama kalinya ini menyaksikan halo matahari.

Halo Matahari diatas langit Solo


Kalo berdasarkan keterangan para ahli fenomena ini terbentuk karena saat matahari sedang dalam kondisi yang sangat panas dengan intensitas cahaya yang sangat tinggi dan tidak bagus untuk mata sinarnya bertemu dengan kandungan uap air yang tinggi yang berada diudara sehingga menjadikan fenomena pelangi matahari ini muncul. Sesuai dengan IPA ketika kita sekolah SD dulu jika sinar matahari bertemu dengan titik-titik atau uap air maka akan dibiaskan cahayanya menjadi pelangi.

Dibawah ini merupakan beberapa foto yang sempat saya abadikan dari dalam area kampus UNS solo. Untuk dalam postingan blog ini sengaja gambar saya kecilkan resolusinya karena bandwith saya terbatas. Namun jika ingin melihat gambar dengan resolusi asli dari kamera digital 8.0 MP bisa dilihat di halaman Photography dari blog saya ini...
Terimakasih.



Comments

Popular Posts