Thursday, September 1, 2011

PETA MUDIK 2011 (GRATIS)

Untuk yang sudah terbiasa dengan jalur yang ditempuh ketika perjalanan mudik biasanya tidak terlalu khawatir dengan rute, misalkan karena sesuatu hal jalur yang ditempuh harus dialihkan maka tinggal cari jalur alternatif dan melanjutkan perjalanan dengan lancar. Namun bagi pemudik yang belum begitu hafal dengan jalur yang ditempuh beserta rute-rute alternatif maka peta mudik menjadi sangat penting untuk dimiliki.

Zaman sekarang jika mau memanfaatkan teknologi sebenarnya tidak perlu repot lagi karena bisa mengakses peta secara digital dengan HP ataupun perangkat lainnya yang sekarang bisa dibilang tidak begitu mahal. HP yang bisa mengakses internet dengan lancar untuk membuka google maps ataupun wikimapia harganya cukup terjangkau, bahkan ada merek tertentu yang sudah mengeluarkan edisi "navigator" untuk seri tertentu yang harganya juga rata-rata dibawah 1 jutaan. Namun karena satu atau yang lain hal peta konvensional masih juga diperlukan, entah karena HP yang dimiiki tidak bisa mengakses internet dengan lancar ataupun tidak terdapat fitur internet atau karena alasan yang lain.


Solusi yang paling sederhana sebenarnya sudah disiapkan pemerintah melalui Dinas Perhubungan yang mencetak Peta Mudik dari berbagai versi, rata-rata tiap tahun mengeluarkan. Ada juga yang bisa diakses secara online dalam resolusi yang cukup tinggi sehingga jalur-jalur yang ditampilkan cukup detil. 

Kali ini yang mau tak tulis adalah yang versi cetak seperti yang ada dibawah ini:
GRATIS

Peta Mudik 2011 versi cetak ini saya dapatkan dari Posko Mudik dan Rest Area yang disediakan oleh Dinas Perhubungan dan Posko Kepolisian di kota Solo. Sebenarnya yang saya cari adalah yang versi cetak edisi "Jawa-Bali" yang ukurannya lumayan panjang. Namun ternyata itu versi tahun lalu dan ketika saya tanyakan kepada Polisi dan Dinshub yang sedang bertugas di posko katanya tahun ini sepertinya tidak mencetak yang versi "Jawa-Bali" yang dicetak ya yang seperti diatas (versi Joglosemar;Jogja Solo Semarang) untuk area tersebut. Ada beberapa kemungkinan, bisa jadi dicetak juga namun tidak semua posko mendapatkan stok peta tersebut atau memang karena berbagi evaluasi dari tahun sebelumnya peta mudik edisi cetak dibuat sesuai dengan area, jika posko mudik di area Solo maka diberi stok peta mudik versi Joglosemar, mungkin di Surabaya versinya beda lagi sehingga biar lebih detil untuk wilayah setempat.
Halaman depan terdapat peta ringkas Solo dan Jogja























Bagian belakang ada peta Semarang + Jawa Tengah (+ Jabar n Jatim dikit)

Kalo menurut saya pribadi itu tidak menjadi masalah dicetak sesuai dengan area masing-masing, sehingga bisa lebih detil dan lengkap dengan informasi yang dibutuhkan para pemudik. Malah bisa memberikan dampak positif yang lain, dengan memberikan peta mudik (bagi yang membutuhkan) sesuai dengan area setempat maka bagi pemudik jarak jauh bisa singgah sejenak untuk beristirahat di Rest Area yang telah disediakan setelah badan kembali segar siap melanjutkan perjalanan dan bisa minta ke petugas peta mudiknya. Peta ini diberikan secara GRATIS alias TIDAK BAYAR SAMA SEKALI. 

Jika dilihat memang ini kerjasama juga antar Dinas Perhubungan dengan beberapa perusahaan, restoran, travel, persewaan mobil dan berbagai jenis usaha yang ikut beriklan di dalam peta ini. Sehingga dengan demikian menguntungkan semua pihak, pemilik usaha bisa ber iklan di dalam peta yang banyak diberikan kepada pemudik dan pemudik sendiri bisa mendapatkan peta dengan kualitas bagus, cukup bagus kalo boleh dikatakan seimbang dengan peta yang dijual di toko-toko buku. Memang tidak sedetil jika dibandingkan ketika kita membeli peta per kota atau kabupaten, namun justru yang simpel-simpel inilah yang mudah untuk dilipat dan dibawa untuk perjalanan mudik tanpa harus menambah beban barang bawaan namun sudah mencakup rute yang akurat disertai dengan info dan nomor-nomor penting yang bisa dihubungi seperti Rumah Sakit, Ambulance, dll.

So, bagi para pemudik sekalian yang sedang mudik atau sedang mempersiapkan untuk perjalanan balik jika membutuhkan Peta Mudik edisi cetak jangan sungkan untuk mampir di Posko mudik yang banyak terdapat di tempat-tempat strategis, karena peta ini diberikan secara cuma-cuma. Semoga tulisan sedikit ini bisa memberikan manfaat bagi yang memerlukan.

Selamat mudik, selamat balik, tetap safety riding dan berdoa sebelum melakukan perjalanan.

No comments: