Monday, April 25, 2011

Iklan motor di TV 'Tidak Selalu' yang utama

Pasaran motor di Indonesia sudah terus menggeliat. Dan ini bisa dilihat semua orang dengan masuknya berbagai macam motor baru di Indonesia, juga motor-motor yang sudah punya nama terus menelurkan inovasi dan varian baru produk mereka. Orang Indonesia sekarang sudah banyak yang "berkecukupan", dimana motor tidak lagi menjadi kebutuhan Primer sebagai alat transportasi agar bisa digunakan kemana saja, tetapi banyak yang sudah bergeser menjadi kebutuhan "barang mewah", motor menjadi hobi, jati diri, status sosial, dan masih banyak lagi tujuan dari orang memiliki motor di era sekarang ini.

Motor ber-cc besar pun bisa dengan mudah kita jumpai berseliweran dimana-mana, bahkan motor seperti Tiger 200cc, Scorpio Z 225cc, Honda Mega Pro160 cc sering kita temui digunakan oleh penjual sayur keliling yang mereka rata-rata anak muda. Yang belum pernah saya lihat sih Ninja 250 cc buat jualan sayur...

Dominasi TV sebagai media untuk mengiklankan produk (dalam hal ini: motor) tidak lagi seperti zaman dulu. Orang baru mulai memikirkan untuk membeli motor jika sudah lihat iklan di TV, tapi bagaimana keadaan sekarang?


Saya hanya mengambil contoh 2 varian dari pabrikan Yamaha sebagai contohnya.
New Scorpio 225

Byson 150
Yamaha Scorpio dan Byson contoh kasusnya. Sejauh pengamatan saya ketika menonton TV, perasaan belum pernah melihat iklan 2 motor pabrikan Yamaha disamping. Mungkin pernah tapi tidak segencar motor lain walaupun masih dalam 1 pabrikan.

Misal kita melihat Jupiter MX, Yamaha Mio, Yamaha Vega ZR, dan saudara-saudaranya yang notabene ber-cc lebih kecil, mereka lebih sering nongol di TV.

Untuk Byson dan Scorpio iklan di TV "mungkin" tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan. Karena diakui atau tidak, motor-motor ber-cc besar (dibanding rata-rata motor di Indonesia) peminatnya adalah orang-orang yang intens dengan klub, komunitas, yang mana mereka juga intens nge-blog dan sharing informasi lewat dunia maya.

Jadi memang tidak salah bahwa iklan di TV hanya cenderung menjadi formalitas saja, bukan yang utama. Dan ini bisa kita lihat di pabrikan yang lain yang mengusung motor ber-cc besar dan harga menengah keatas seperti Suzuki Satria F, Ninja 250, CBR 250, dan 'motor ber-cc besar' yang lainnya...

No comments: